Navigasi : Home » » » AMD FM1 atau FM2? Memilih Motherboard untuk Komputer

AMD FM1 atau FM2? Memilih Motherboard untuk Komputer

Pilih motherboard komputer dengan soket AMD FM1 atau FM2? jika anda sedang bingung menentukan sistem platform mana yang akan diambil, disini anda akan menemukan jawabannya. Motherboard yang mendukung prosesor AMD saat ini terdiri dari berbagai jenis, sebut saja soket AM3, AM3+, FM1 juga soket FM2. Diantara jenis motherboard tersebut, mana kira-kira yang pantas untuk kita pilih saat ini?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya tidak akan mengikut sertakan soket AM3 dan AM3+ karena kurangnya perkembangan prosesor AMD yang mendukung soket tersebut, dan tentu saja nama soket tersebut sudah terlalu lama hadir di dunia motherboard, jadi tinggal ada 2 jenis motherboard yang akan kita pilih, yaitu dengan soket FM1 dan juga soket FM2.

motherboard AMD FM2Dua jenis soket motherboard AMD ini, soket FM1 juga FM2 adalah 2 jenis platform yang paling banyak digunakan oleh prosesor AMD dengan teknologi APU, APU sendiri adalah teknologi dari AMD yang menggabungkan kekuatan visual kedalam prosesor, jadi jika dulu sebuah motherboard yang membawa vga on-board, kini prosesorlah yang membawa teknologi ini.

Salah satu komponen yang paling berpengaruh dalam sistem komputer adalah motherboard, banyak sekali orang yang memilih prosesor berdasarkan kompabilitas motherboard tersebut terhadap banyaknya jenis prosesor yang bisa digunakan. Sebagai contoh, AMD Phenom II X4 955 hanya bisa digunakan dengan motherboard yang memiliki soket AM3 atau AM3+, tetapi prosesor ini tidak bisa dipakai jika menggunakan motherboard AMD soket FM1 atau FM2. Beda lagi dengan motherboad Intel soket 1155 yang bisa digunakan oleh hampir semua jenis prosesor dari Intel, seperti dari keluarga Intel Celeron, Pentium G, Core i3, Core i5 sampai Core i7 yang banyak berbasis pada generasi Intel Sandy Bridge dan Ivy Bridge.

Langsung saja kepermasalahan utamanya, pilih mana antara sistem komputer berbasis AMD FM1 atau FM2? Saya secara tegas akan memilih sistem AMD berbasis platform FM2 sebagai jawaban yang realistis, mengapa saya menjatuhkan pilihan ke FM2? Ini karena soket FM1 tidak memiliki kompabilitas yang cukup banyak terhadap prosesor dari AMD, bahkan umur soket AMD FM1 terlalu singkat dengan hadirnya prosesor AMD berbasis soket FM2. AMD dengan prosesor Llano APU merupakan generasi pertama dari soket berjenis FM ini, ya prosesor tersebut merupakan prosesor yang mendukung soket FM1. Ada kenyataan buruk yang harus dihadapi ketika anda memiliki platform FM1, ketika anda ingin menggunakan prosesor yang baru dari AMD, kebanyakan prosesor tersebut sudah meninggalkan soket FM1 dan harus menggunakan soket FM2, meskipun mungkin saja AMD membuat prosesor terbaru dengan basis soket FM1, tetapi saya kira mereka akan lebih memilih platform terbaru mereka yaitu soket FM2 yang lebih modern.

Mengapa harus memilih prosesor dan motherboard AMD dengan basis soket FM2?. Soket FM2 yang merupakan basis motherboard untuk APU terbaru AMD, Trinity, dikabarkan akan tetap bisa digunakan untuk prosesor AMD generasi terbaru AMD nanti yang memiliki kode Richland, salah satu hal yang baru yang dibawa generasi AMD APU nanti adalah proses fabrikasi 28 nm yang mudah-mudahan jauh lebih baik dan lebih hemat daya. Anda tidak perlu membeli motherboard baru jika ingin menggunakan prosesor AMD Richland suatu saat nanti, cukup menggembirakan bukan?

Jika saat ini anda sedang bingung untuk memilih basis prosesor dan motherboard mana yang akan dipilih, saya lebih merekomendasikan soket FM2 sebagai pilihan yang bijak, selain memiliki banyak pilihan prosesor yang cukup bertenaga saat ini, soket FM2 juga dapat digunakan untuk prosesor AMD terbaru nantinya. Tipsnya, anda bisa memilih prosesor AMD murah terlebih dahulu untuk pemakaian saat ini, kemudian anda bisa menabung dan mengganti dengan prosesor AMD Richland terbaru di kemudian hari.

Inti dari tulisan ini adalah, ketika kita akan membeli sebuah motherboard atau sedang bingung menentukan platform mana yang akan kita ambil, pilihlah motherboard yang mendukung banyak prosesor, baik saat ini atau pun di kemudian hari, untuk masalah pemilihan soket AMD FM1 vs FM2 saat ini, saya tegaskan kembali bahwa platform komputer AMD dengan motherboard soket FM2 jauh lebih bijak untuk di pilih dari pada FM1. Selamat memilih.


Advertisement

Bagikan :

3 Komentar:

  1. Bedanya Spek
    AMD : X2 270 3,4 GHZ Rp 1.583.160 X3 455 3,3 GHZ Rp 1.768.530 MB ECS 780LM-M2 DDR3 1Gb Pc-10600 Hardisk 80GB SATA DVDRW MULTI ATI RADEON 3000 512MB
    dengan
    DUALCORE G860-3.0 Ghz Rp 1.813.620 MB ECS H61H2-MV(1155) DDR3 2Gb Pc-10600 Hardisk 80GB SATA DVDRW multi VGA Integrated

    bagusan mana buat game
    saya liat di http://www.daftarhargakomputer.com/categories/Pc-Rakitan/?sort=priceasc

    BalasHapus
  2. Om soket AM3+ ada prosesor baru tercepat dan mungkin tercanggih, AMD Vishera FX 9370 Octa Core 4,7 GHz dalam kondisi stabil(belum overclock) 8 MB L2 Cache

    BalasHapus
  3. Nice Post Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya
    http://servislaptopmurahsurabaya.blogspot.com

    BalasHapus

Anda bisa menggunakan kolom (Name/URL) untuk memberikan
komentar (URL boleh kosong). Terima Kasih


Top artikel pilihan

Artikel terbaru

 
Kontak Admin di Google+ : | Feeds | Privacy Police
Copyright © 2013. Harga Komputer - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Blog Diberdayakan Oleh : Blogger