Navigasi : Home » » » Power Supply - Komponen Komputer Terpenting yang Sering Dilupakan

Power Supply - Komponen Komputer Terpenting yang Sering Dilupakan

Power Supply atau sering juga disebut PSU adalah salah satu komponen hardware komputer yang sering dilupakan oleh para penggunanya, banyak sekali orang yang membeli sebuah komputer tanpa sering memperhatikan kualitas PSU yang mereka beli. Jika kita mau belajar sedikit tentang hardware komputer, justru sebenarnya Power Supply adalah salah satu komponen hardware komputer yang penting untuk diperhatikan, bahkan penulis pikir PSU adalah komponen terpenting yang wajib kita perhatikan.

Logika sederhananya adalah seperti ini. Jika otak manusia adalah prosesor di komputer, maka saya berpikir Power Supply komputer adalah jantung atau darah di manusia. Ketika PSU memiliki kualitas dan power yang buruk, saya jamin komputer anda tidak akan lama hidup, yang terburuk adalah dengan lemahnya performa dan power dari PSU anda, maka komponen hardware komputer yang lain juga akan terancam.

power supply (PSU) Corsair

"Power Supply (PSU) yang baik (Pure Power) sebagai komponen komputer terpenting yang harus kita perhatikan demi kelancaran sistem komputer kita"

Sering sekali saya mendapatkan keluhan beberapa sahabat tentang hardware komputer mereka, ada yang mengeluh tentang harddisk yang sering rusak, ada yang merasa kemampuan VGA nya kurang, ada yang komputernya suka mati sendiri dan lain-lain. Beberapa hal seperti yang telah admin sebutkan sebelumnya, sebenarnya terkait dengan penggunaan Power Supply yang tidak bisa memenuhi kebutuhan power / listrik setiap komponen komputer yang mereka miliki. Intinya adalah setiap hardware komponen memerlukan daya yang cukup untuk menjamin bekerja dengan baik, saat PSU tidak bisa memberikan daya ini dengan baik, dipastikan beberapa hardware komputer tidak akan bekerja dengan baik, baik itu hard disk, bahkan VGA sekalipun.

Kebanyakan Power Supply yang digunakan oleh para pemilik komputer adalah PSU yang belum Pure Power, maksudnya adalah antara label di PSU dan kenyataan power yang dimiliki itu jauh dari kata sama. Contohnya, ada merek PSU A dengan label 500 Watt berharga 150 ribu, tetapi PSU B dengan label 400 Watt berharga 450 ribu, jika dilihat secara cepat pasti kita akan memilih PSU A yang lebih murah, apalagi dari label Watt PSU A lebih besar, tetapi apakah itu benar-benar PSU yang baik untuk komputer kita?. Disinilah kita harus memilih PSU mana yang benar-benar baik dan bisa memberikan power yang maksimal untuk sistem hardware komponen komputer kita.

Saya harap anda sudah mengerti maksud saya, PSU yang bagus tidak bisa hanya dilihat dari label Watt saja, tetapi harus kita lihat dari sisi harga, bobot dan kualitas komponen juga penting. Tidak bisa dipungkiri PSU yang bagus memang berharga lebih mahal, merek-merek PSU terkenal yang memiliki kualitas baik seperti Corsair, Seasonic atau bahkan AcBel dan Muscle Power dengan produk murah meriah tapi terjamin adalah beberapa merek yang sudah dikenal oleh banyak enthusiast PC builder.

Mulai saat ini, jadikanlah PSU sebagai prioritas utama, jangan hanya memilih prosesor atau VGA yang bagus saja, tetapi utamakan kualitas PSU yang akan anda pakai, karena jika PSU tidak optimal, saya jamin sehebat apapun sistem komputer anda tidak akan bisa bekerja optimal tanpa daya yang terjamin dari Power Supply yang baik.


Advertisement

Bagikan :

0 Komentar:

Posting Komentar

Anda bisa menggunakan kolom (Name/URL) untuk memberikan
komentar (URL boleh kosong). Terima Kasih


Top artikel pilihan

Artikel terbaru

 
Kontak Admin di Google+ : | Feeds | Privacy Police
Copyright © 2013. Harga Komputer - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Blog Diberdayakan Oleh : Blogger