Navigasi : Home » » Tips Memilih Power Supply Murah Berkualitas Untuk Komputer

Tips Memilih Power Supply Murah Berkualitas Untuk Komputer

Memilih power supply atau PSU murah berkualitas untuk komputer kesayangan kita memang gampang-gampang susah, tetapi jangan khawatir, sebab masalah ini sangat mudah untuk kita selesaikan jika kita mengetahui beberapa merek power supply yang sudah terbukti kualitasnya. Sebelum kita membahas beberapa merek dan tipe PSU murah tetapi memiliki kualitas yang bagus, ada baiknya saya menyampaikan alasan mengapa kita harus menggunakan power supply yang bagus dan mengapa kita harus menaruh perhatian lebih kepada hardware komputer yang satu ini.

Sering rasanya penulis menemukan kasus dimana seseorang yang memiliki komputer brespesifikasi tinggi, tetapi mereka masih menggunakan power supply yang "kurang" berkualitas, ini jelas kesalahan yang sangat fatal karena bagaimanapun, yang namanya asupan daya dari power supply menuju komponen komputer kita itu harus benar-benar terjamin kualitasnya. Orang-orang seperti ini biasanya hanya memikirkan kualitas prosesor dan VGA atau bahkan kapasitas hard disk saja, mereka tidak berpikir bahwa kemampuan hardware mereka tidak akan optimal karena asupan daya yang diterima dari PSU berkualitas rendah itu sangat tidak direkomendasikan.

Dampak utama yang diakibatkan oleh pemakaian power supply berkualitas rendah adalah kerusakan komponen komputer secara keseluruhan atau sebagian, dan juga mengakibatkan kerusakan kestabilan pada sistem komputer itu sendiri.

Kualitas Power supply (PSU) mudah dikenali

Ketika anda memegang sebuah power supply yang berkualitas, anda dapat merasakannya atau anda bisa mengetahuinya ketika anda meraba, atau memegang PSU itu sendiri. Seperti yang pernah penulis alami dulu, ketika memegang psu yang berharga 100 ribuan, impresi saya terhadap psu tersebut biasa saja, tetapi ketika penulis membeli sebuah psu Corsair, wow impresi ketika pertama kali memegangnya sangat berkesan.

Bahan plat yang tebal membungkus power supply ini, tidak diragukan lagi. Selain itu, berat power supply yang memiliki kualitas terbaik juga sangat berbeda dengan power supply yang pernah saya gunakan tempo dulu.
power supplu psu berkualitas
Selain berat yang berbeda, kabel yang disediakan oleh psu bagus juga lumayan banyak, anda dapat menemukan banyak colokan untuk dihubungkan denga perangkat keras anda. Jika anda beruntung, seperti yang disediakan oleh Corsair CX series, mereka membungkus kabel-kabel pada psunya seperti jaring, terlihat sangat elegant dan juga bisa melindungi kabel dari kerusakan, mungkin juga dari gangguan hewan seperti tikus, who knows?

Oke, berat berbeda, bahan plat berbeda, fasilitas kabel power yang lengkap dan melimpah, dan terkahir adalah harga. Ini sangat krusial, ada pepatah mengatakan "ada harga ada rupa", itu memang benar adanya, termasuk juga saat memiih psu, tetapi anda tidak usah khawatir, saya masih bisa menemukan banyak power supply di bawah harga 500 ribu dengan kuliatas yang sangat baik dan lebih dari ckup, sebut saja beberapa tipe psu berkualitas tapi murah dari Corsair, Acbel, Muscle Power dan lain-lain, tetntunya dengan memperhatikan beberapa aspek yang telah kita bahas sebelumnya, dan beruntungnya semua tipe psu dari merek-merek tersebut sudah sangat memuaskan.

Tentukan pilihan dan lihat harga atau dana yang dimiliki

Saya terkadang heran, mengapa banyak orang yang membeli psu murah berkualitas rendah untuk sistem komputer gaming mereka, ini sangat lucu, dimana saya juga sering melihat orang menggunakn Intel Core i5 + VGA HD X99X series + 8GB dual channel memory, tapi menggunakan psu 200 ribuan?

Ingat kebutuhan, jika anda hanya menggunakan 1 buah VGA dengan 1 HDD, 600 watt pure power supply sudah sangat cukup, tetapi jika anda memiliki prosesor yang boros daya, ditambah penggunaan dual-VGA dan beberapa slot untuk HDD, baru anda membutuhkan psu yang lebih besar.

Itulah tips singkat bagaimana cara memilih power supply murah untuk komputer kita, ingat, kesan pertama anda memegang psu juga bisa anda gunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum anda membeli psu tersebut, yang terakhir, pilihlah psu yang memiliki pure power, biasanya mereka menambahkan label 80+ atau 80 plus bronze. HKO Blog ucapkan semoga bermanfaat.


Advertisement

Bagikan :

0 Komentar:

Posting Komentar

Anda bisa menggunakan kolom (Name/URL) untuk memberikan
komentar (URL boleh kosong). Terima Kasih


Top artikel pilihan

Artikel terbaru

 
Kontak Admin di Google+ : | Feeds | Privacy Police
Copyright © 2013. Harga Komputer - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Blog Diberdayakan Oleh : Blogger